REVOLUSI INDUSTRI 4.0


  •         Apa yang di maksud dengan Revolusi Industri 4.0?

Revolusi Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisikinternet untuk segalakomputasi awan, dan komputasi kognitif.menghasilkan "pabrik cerdas". sebuah fase yang secara umum tentang otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi pabrik, robotic dan artificial intellegence. Fase yang pada akhirnya menghasilkan "Smart Process". Di dalam Smart Process tersusun moduler, algoritma, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan secara desentralisasi. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. Hal inilah yang disampaikan oleh Klaus Schwab, Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution.
  •         Dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap SDM

Dampak dari revolusi industri 4.0 adalah Peran manusia setahap demi setahap diambil alih oleh mesin otomatis. Akibatnya, jumlah pengangguran semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan menambah beban masalah lokal maupun nasional. Dan membuat manusia akan semakin malas.

  •        Kaitan Revolusi Industri 4.0 dengan perkembangan teknologi

Dengan adanya Revolusi Industri 4.0 adalah membantu perkembangan teknologi agar semakin maju dan berkembang, revolusi industry 4.0 ini menghasilkan Smart Process . yang Di dalam Smart Process tersusun moduler, algoritma, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan secara desentralisasi.
  •          Apa saja yang bisa di kembangkan dari skill kita (Teknik Informatika) untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0?

Dengan membuat semacam robot pintar untuk membantu Negara kita semakin maju dan berkembang, juga dapat di pandang oleh Negara lain bahwa Negara kita bisa maju dalam perkembangan teknologi.

Komentar

Postingan Populer