Analisa Journal Tema Disain Pemodelan Grafis



Pada Tugas softskill mata kuliah Desain Pemodelan Grafik ini menjelaskan analisa jurnal tentang desain pemodelan grafik. Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu desain. Desain adalahperencanaan dalam pembuatan suatu objek. Pemodelan adalah membentuk suatu benda atau objek. Grafis adalah perwujudan model dari manipulasi citra. 

Desain Pemodelan Grafik adalah proses penciptaan sebuah objek baru menggunakan sebuah software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulsai dengan model citra.

Konsep Pemodelan Grafis Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model. 

  • Model 2D : langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan di bangun dalam model 3D.
  • Model 3D : proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan suatu objek dalam tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus.
Desain Pemodelan Grafis juga memiliki prinsip yaitu :
  1. Kesederhanaan
  2. Keseimbangan
  3. Kesatuan
  4. Penekanan
  5. Irama
  6. Proposisi
Unsur Desain pemodelan Grafis adalah :
  1. Line
  2. Shape
  3. Texture
  4. Space
  5. Size
  6. Color
JOURNAL 1

Judul : Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script.

Salah satu bentuk akhir dari output grafika komputer adalah pembuatan model 3D dengan sentuhan efek photo realistic. Wajah memiliki karakter organik khusus, pemodelan wajah secara imajinatif adalah sesuatu yang cukup sulit. Untuk kepentingan itu salah satu cara yang diusulkan adalah pemodelan wajah dengan bantuan foto diri. Untuk memudahkan pemodelan maka source image foto diri terlebih dulu diimport ke dalam lingkup aplikasi MAYA. Selanjutnya lewat bantuan MEL Script dibuatkan sejumlah panel untuk memudahkan proses pemodelan. Penggunaan polygonal mesh lebih memudahkan dalam proses pembuatan model wajah dibandingkan dengan NURBS. Untuk menghasilkan model akhir maka dilakukan proses tambahan texturing dengan bantuan aplikasi PhotoShop.

JOURNAL 2

Judul : Pemodelan Animasi Teknik Gerakan Lempar Pada Olahraga Atletik Menggunakan Software Blender


Merancang sebuah aplikasi tata cara teknik gerakan-gerakan tolak peluru, lempar lembing, atau lempar cakram secara 3D dengan memanfaatkan sistem yang akan dirancang meliputi:

  1. Teknik gerakan-gerakan tolak peluru, lempar lembing, atau lempar cakram.
  2. Animasi gerakan lempar pada olahraga atletik secara 3D disertai teks dan suara.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk:

  1. Merancang aplikasi 3D sebagai petunjuk gerakan lempar pada olahraga atletik
  2. Membuat objek 3D, animasi, dan game engine menggunakan Blender.

Link Journal yang di gunakan :
http://eprints.ums.ac.id/20200/
https://journal.uii.ac.id/media-informatika/article/view/13

Komentar

Postingan Populer