Analisa Journal Tema Disain Pemodelan Grafis
Desain Pemodelan Grafik adalah proses penciptaan sebuah objek baru menggunakan sebuah software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulsai dengan model citra.
Konsep Pemodelan Grafis Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model.
- Model 2D : langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan di bangun dalam model 3D.
- Model 3D : proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan suatu objek dalam tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus.
- Kesederhanaan
- Keseimbangan
- Kesatuan
- Penekanan
- Irama
- Proposisi
- Line
- Shape
- Texture
- Space
- Size
- Color
Salah satu bentuk akhir dari output grafika komputer adalah
pembuatan model 3D dengan sentuhan efek photo realistic. Wajah memiliki
karakter organik khusus, pemodelan wajah secara imajinatif adalah sesuatu yang
cukup sulit. Untuk kepentingan itu salah satu cara yang diusulkan adalah
pemodelan wajah dengan bantuan foto diri. Untuk memudahkan pemodelan maka
source image foto diri terlebih dulu diimport ke dalam lingkup aplikasi MAYA.
Selanjutnya lewat bantuan MEL Script dibuatkan sejumlah panel untuk memudahkan
proses pemodelan. Penggunaan polygonal mesh lebih memudahkan dalam proses
pembuatan model wajah dibandingkan dengan NURBS. Untuk menghasilkan
model akhir maka dilakukan proses tambahan texturing dengan bantuan
aplikasi PhotoShop.
JOURNAL 2
Judul : Pemodelan Animasi Teknik Gerakan Lempar Pada Olahraga Atletik Menggunakan Software Blender
Merancang sebuah aplikasi tata cara teknik gerakan-gerakan tolak peluru, lempar lembing, atau lempar cakram secara 3D dengan memanfaatkan sistem yang akan dirancang meliputi:
- Teknik gerakan-gerakan tolak peluru, lempar lembing, atau lempar cakram.
- Animasi gerakan lempar pada olahraga atletik secara 3D disertai teks dan suara.
Tujuan dilakukannya kegiatan ini
adalah untuk:
- Merancang aplikasi 3D sebagai petunjuk gerakan lempar pada olahraga atletik
- Membuat objek 3D, animasi, dan game engine menggunakan Blender.
Komentar
Posting Komentar