Rangkuman Materi Minggu 9

 Identifikasi Kebutuhan Pengguna Grafik Pada Aplikasi Berbasis Web

  • Untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap grafik pada sebuah aplikasi berbasis web, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada desain website, diantaranya adalah:

  1. Penggunaan warna yang tepat
  2. Teks yang mudah di baca
  3. Desain visual yang harmonis
  4. Layout simpel
  5. Alur mudah di mengerti
  6. Navigasi yang jelas
dua hal penting dalam yang membuat website sukses dan mendapatkan trafik dengan jumlah yang tinggi : konten berkualitas dan desain yang menarik.

  • Ada bebrapa macam dalam membuat sebuah layout dalam website :
  1. Static
  2. Fluid
  3. Responsive
  4. Responsive-fluid
  5. Horizontal Scrolling
  6. Parallax Scrolling
  • Format gambar dalam website 
Format image ada beberapa jenis, yang umum untuk ditemukan adalah JPEG (JPG), GIF, PNG dan BMP. 
  1. PNG : sangat baik untuk dipergunakan pada kebanyakan web browser (IE6+ butuh sedikit sentuhan CSS untuk pengaturan transparansi). Format jenis ini sangat tepat untuk menyimpan grafik (ilustration) atau foto (kualitas tinggi)
  2. JPG : pilihan terbaik untuk menampilkan foto secara online, walau kualitasnya tidak sebagus PNG tetapi cukup bisa diterima mata manusia
  3. GIF : sangat baik untuk menampilkan gambar grafik (jika tidak mau menggunakan PNG), tetapi hasilnya tidak terlalu bagus
  4. BMP : bisa dikategorikan sebagai gambar tidak terkompresi, tidak disarankan untuk penggunaan pada web (menghabiskan bandwidth)
  • Warna yang Efektif Dalam Website
  1. Menggunakan warna brand
  2. Menerapkan psikologi warna
  3. Menyesuaikan warna dengan target pasar
  4. Warna font harus kontras dengan background
  • User Experience dan User Interface
  1. User Experience (UX) : Proses meningkatkan kepuasan pengguna dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. 
  2. User Interface (UI) :  Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.
Perbedaan UX Desain dan UI Desain :
  1. User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”. UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah itu memecahkan masalah bagi pengguna. 
  2. Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang di buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding. 
  • Konsep Resolusi pada Monitor
  1. Resolusi Layar : Jumlah pixel pada setiap dimensi layar monitor. 
  2. Jumlah Pixel dalam berbagai resolusi : Metrik lain memperlihatkan perspektif yang sangat jelas adalah jumlah piksel.
  3. Aspek Rasio : Sebuah aspek rasio fisik layar dan rasio aspek pixel individu belum tentu sama. Sebuah susunan 1280 x 720 pada layar 16:9 memiliki piksel berbentuk persegi. Sedangkan susunan 1024 x 768 pada layar 16:9 memiliki piksel berbentuk persegi panjang.

Komentar

Postingan Populer